Sukses

Jokowi dan BNPB Siapkan Operasi Rekayasa Cuaca

Untuk operasi TMC ini pemerintah harus mengeluarkan Rp 28 miliar, Rp 20 miliar dari APBD DKI, Rp 8 miliar dari dana BNPB.

Guna mencegah bencana banjir di DKI Jakarta, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mempersiapkan operasi baru yang telah dirapatkan bersama Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo. Operasi tersebut akan dilaksanakan melalui program bernama operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

"Jadi BNPB, BPBD dan TNI AU telah menyiapakan operasi TMC untuk mengurangi banjir di Jakarta," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di kantor BNPB, Jalan Juanda, Jakarta Pusat, Rabu (4/12/2013).

Menurut Sutopo, operasi tersebut telah disepakati pada 11 Oktober lalu. Guna merealisasikan operasi TMC ini, pemerintah harus mengeluarkan dana Rp 28 miliar. Dana ini, kata Sutopo, diambil dari APBD DKI Jakarta serta dana BNPB sendiri. "Diperlukan Rp 28 miliar untuk operasi TMC selama 4 bulan --Desember 2013 hingga Maret 2014.

"Dana itu Rp 20 miliar dari APBD Jakarta dan Rp 8 miliar dari dana siap pakai BNPB," sambung Sutopo.

Selain anggaran, Sutopo juga mengatakan, BNPB memerlukan bantuan TNI AU terkait penggunaan pesawat Hercules untuk menjalankan operasi TMC tersebut. "Kita memerlukan pesawat Hercules dari TNI AU untuk operasi TMC ini. Posko TMC akan didirikan di Lanud Halim Perdanakusuma," tandas Sutopo. (Rmn/Ism)

[Baca juga: Waspada! Indonesia Terkena Imbas Siklon Tropis]

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.