Sukses

Ketua KPK: Tak Cuma Menindak, Kami Juga Mencegah Korupsi

"KPK hanya aktif melakukan penindakan tapi tidak melakukan pencegahan, itu tidak seperti itu," ujar Ketua KPK Abraham Samad.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dinilai belum bekerja optimal. Bahkan, muncul anggapan bahwa KPK hanya melakukan penindakan korupsi, ketimbang upaya pencegahan korupsi.

Ketua KPK Abraham Samad menampik anggapan tersebut. "Selain aktif menindak, kami melakukan kampanye antikorupsi, pendidikan antikorupsi kepada semua elemen masyarakat dan upaya-upaya lain," kata Samad dalam sambutan di Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi 2013, di Balai Kartini, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (4/12/2013).

Samad meminta kepada seluruh elemen masyarakat agar proaktif terhadap tindakan pemberantasan korupsi di negeri ini. Jika tidak, katanya, KPK tidak akan maksimal dalam memberantas korupsi.

"Korupsi itu unsur dari sistem yang buruk. Ini adalah tantangan kita bersama, KPK memerlukan kerja sama dan partisipasi seluruh elemen bangsa," sambung Samad.

Ia menambahkan, budaya bangsa Indonesia adalah budaya kebersamaan. Masyarakat Indonesia selalu bergotong-royong dalam kehidupan sosial. Karena itu sudah seyogyanya dalam memberantas korupsi pun harus bergotong-royong.

"Kita harus bersatu melawan korupsi, karena kita adalah bangsa yang bersih dengan gotong-royongnya," pungkas Samad. (Rmn/Yus)

[Baca juga: `Grand Corruption Pejabat Negara, Skala Prioritas Kami`]

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Korupsi adalah penyalahgunaan uang negara (perusahaan, organisasi, yayasan, dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain.

    Korupsi

  • Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi
    Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi

    KPK

  • Abraham Samad

Video Terkini