Sukses

[VIDEO] Tempat Penyekapan Digerebek, 24 Calon TKI Bebas

Penggerebekan tempat penyekapan TKI ilegal asal Kupang dilakukan di Perumahan Citra Garden 2, Kalideres, Jakarta Barat.

Dua tempat di kawasan Jakarta Barat digerebek petugas Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) karena didalamnya berisi puluhan calon TKI ilegal asal Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang dijanjikan bekerja ke Malaysia. Ada 24 TKI yang berhasil dibebaskan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Rabu (4/12/2013), penggerebekan tempat penyekapan TKI ilegal asal Kupang dilakukan di Perumahan Citra Garden 2, Kalideres, Jakarta Barat dinihari tadi. Di rumah pelaku bernama Beny Komarudin, petugas BNP2TKI menyelamatkan 8 orang calon TKI ilegal asal Kupang yang masih di bawah umur.

Tak puas sampai di situ, petugas pun melakukan pengembangan dengan menggeledah ruko lainnya yang juga milik Beny di kawasan Circle West, Kalideres. Di ruko bernomor C8 ini, petugas menyelamatkan 16 TKI yang sudah berbulan-bulan disekap dan 5 orang di antaranya di bawah umur atau berusia di bawah usia 18 tahun.

Sejumlah korban penipuan tki ini mengaku sudah membayar Rp 3 juta, namun sudah 6 bulan belum juga diberangkatkan ke Malaysia dengan alasan yang tidak pasti. Para calon TKI ini bahkan tidak diperbolehkan berkomunikasi dengan keluarga dan orang luar.

Para calon TKI ini akhirnya dievakuasi ke rumah penampungan BNP2TKI di Ciracas, Jakarta Timur sebelum dipulangkan ke kampung halamannya masing-masing. Sementara itu, petugas masih memburu sang pemilik ruko yang berhasil kabur sebelum penggerebekan. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini