Sukses

[VIDEO] Saling Lempar Buruh Vs Polisi

Buruh kembali berdemo. Kali ini di Tangerang.

Unjuk rasa ribuan buruh tidak berakhir usai beraksi di jalan menuju Bandara Soekarno Hatta Selasa siang. Buruh kembali berdemo di pintu Tol Bitung pada petang hari dan bentrok dengan polisi karena berniat menduduki jalan bebas hambatan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Rabu (4/12/2013) dini hari. Saling lempar antara polisi dan buruh ini terjadi di Jalan Raya Serang menuju pintu Tol Bitung-Tangerang Selasa petang. Buruh yang baru selesai beraksi di Bandara Soekarno bukannya pulang, tapi menduduki pintu Tol Bitung, namun sudah dihadang puluhan polisi yang sudah bersiaga sejak siang hari.

Akibatnya ratusan buruh pun tertahan di jalan raya tangerang menuju serang, sehingga arus lalu lintas pun sempat lumpuh. Sempat terjadi negosiasi antara perwakilan buruh dan polisi yang meminta mereka keluar dari jalan raya. namun jeda bentrok hanya sebentar. Polisi mengusir buruh yang merusak pagar pembatas jalan tol, namun mendapat perlawanan.

Saling lempar pun tak terhindarkan. Untuk mengantisipasi agar aksi tidak berlanjut, polisi pun mengusir dan memukul buruh dari pinggir Tol Bitung. Tembakan gas air mata ikut dilepaskan karena buruh terus memberi perlawanan. Aksi ini baru berhenti pukul 05.00 petang kemarin setelah kelelahan. Namun mereka mengancam akan kembali beraksi hari Kamis besok.

Demo ini merupakan aksi lanjutan setelah siang hari mereka beraksi di Jalan Suryadharma Kota Tangerang. Ini merupakan akses pintu M1 menuju Bandara Soetta dari Kota Tangerang. Aksi ini sempat melumpuhkan akses jalan ke bandara selama 2,5 jam, karena tidak bisa dilewati kendaraan roda dua maupun empat.

Sebetulnya aksi buruh ini bertujuan untuk mendesak gubernur banten merevisi penetapan upah minimum tahun depan dari Rp 2,4 juta menjadi Rp 2,6 juta. Anehnya mereka justru mengincar bandara sebagai salah satu obyek vital dalam menyampaikan aspirasi. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.