Festival Perkusi Tradisional Jepang Digelar

  • Internasional
  • 0
  • 17 Apr 2004 14:31
Liputan6.com, Narita: Lebih dari 3.000 warga Jepang, tua dan muda, memadati sebuah jalan yang menuju bandara di Kota Narita, Jepang, baru-baru ini. Mereka berpartisipasi dalam acara festival perkusi tradisional di kota tersebut. Masing-masing menabuh taiko atau gendang tradisional Jepang. Ada juga sebuah gendang besar yang diapit dua orang yang memukul bergantian sambil menari. Festival perkusi tradisional ini juga berlangsung di Kuil Narita.

Atraksi yang disaksikan sekitar 10 ribu orang ini juga menampilkan warga Jepang yang menabuh jimbe, gendang khas Afrika. Ada juga yang memukul drum asal Karibia. Tak kalah dengan orang dewasa, anak-anak kecil Negeri Matahari Terbit pun unjuk kebolehan memukul taiko.

Sebelum festival perkusi tradisional di Kuil Narita dimulai, sejumlah sukarelawan menyiapkan panggung besar di depan kuil. Tak lama kemudian, para penabuh drum asal Okinawa tampil menghibur penonton. Kebanyakan dari mereka masih belia. Semangat yang besar ditunjang disiplin memunculkan pergelaran tetabuhan gendang yang serempak dan dinamis. Sejumlah penonton menari gembira dibuatnya. Mereka bergoyang mengikuti hentakan gendang.(SID/Idr)
Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler