Sukses

[VIDEO] Sungai Musi Meluap, Ratusan Rumah Terendam

Banjir ini disebabkan meluapnya air Sungai Musi setelah diguyur hujan lebat selama 5 jam.

Setelah diguyur hujan lebat, Sungai Musi meluap hingga merendam ratusan rumah warga di Palembang, Sumatera Selatan. Sebagian besar tak bisa menyelamatkan harta benda mereka karena tertidur lelap.

Dalam tayangan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (2/12/2013), 900 rumah warga di 2 kecamatan di Kota Palembang, Sumatera Selatan, terendam banjir.

Banjir ini disebabkan meluapnya air Sungai Musi setelah diguyur hujan lebat selama 5 jam. Derasnya hujan membuat air dengan cepat masuk ke rumah-rumah warga. Akibatnya, warga yang saat itu sedang tertidur lelap tidak dapat menyelamatkan harta benda milik mereka.

Banjir Lahar Dingin

Banyaknya material yang dimuntahkan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, mengakibatkan potensi banjir lahar dingin juga tinggi.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho minta warga yang tinggal di sekitar lereng Sinabung untuk waspada. Terlebih terjadi banjir lahar dingin yang melanda Desa Sukameriah pada Minggu 1 Desember tadi malam sekitar pukul 19.30 WIB.

"Komunikasi radio antar petugas di lapangan menginformasikan banjir lahar dingin terjadi di sungai-sungai sekitar Desa Sukameriah karena hujan deras di hulu sungai," sebut Sutopo. (Adi/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini