Sukses

Dies Natalis ke-48, Usakti Tertantang Tingkatkan Mutu

Peningkatan mutu dilakukan mulai dari proses rekrutmen mahasiswa sehingga dapat meningkatkan keketatan persaingan.

Rektor Universitas Trisakti (Usakti) Thoby Muthis mengatakan persaingan di dunia kerja menuntut lulusan baru universitas untuk terus berkompetisi mengembangkan potensi yang dimiliki. Dalam era globalisasi, perubahan-perubahan terjadi semakin cepat di berbagai sektor, baik lokal maupun global, begitu pun dengan persaingan di dunia kerja.

"Peningkatan mutu mahasiswa pun dilaksanakan melalui peningkatan mutu proses rekrutmen mahasiswa sehingga dapat meningkatkan keketatan persaingan. Yaitu rasio antara jumlah peminat dan jumlah diterima. Dengan meningkatnya rasio keketatan diharapkan kualitas mahasiswa baru juga meningkat," kata Thoby dalam Dies Natalis Usakti ke-48 di Jakarta, Senin (2/12/2013).

Ia menuturkan harus ada komitmen yang kuat dan konsisten untuk terus memperbaiki diri dalam mewujudkan visi dan misi, khususnya di kampus Usakti untuk menjadi universitas terkemuka serta bermutu internasional demi meningkatkan kualitas hidup dan peradaban. Menurutnya berbagai prestasi yang telah dicapai baik tingkat nasional maupun internasional. Pengakuan mutu tingkat nasional antara lain dapat dilihat dari penilaian akreditasi Usakti.

"Hasil akreditasi dari 47 program studi yang ada untuk program Sarjana, seluruhnya sudah terakreditasi dengan mayoritas mendapatkan peringkat A," ujarnya.

Sementara untuk program Magister, lanjut Thoby, hampir seluruhnya terakreditasi, sedangkan untuk program Doktor Ilmu Ekonomi dan program Doktor Ilmu Hukum telah terakreditasi B. Lalu pada program Diploma dan program Profesi, sebagian disebut sudah terakreditasi, sementara yang lain masih dalam proses.

Wakil Rektor III Usakti, Komang Suka'arsana mengungkapkan, kekuatan Usakti antara lain ada dalam pengembangan soft skill berupa kemampuan komunikasi, bekerjasama, berorganisasi, mengelola diri, bernegosiasi, dan lainnya. Dengan cara tersebut menurutnya, Usakti berhasil meningkatkan jumlah peminat mahasiswa baru. Disebutkannya, pada tahun akademik 2012/2013, dari 14.031 peminat telah meningkat menjadi 15.780 peminat, sekaligus meningkatkan jumlah mahasiswa baru sebesar 3,52% menjadi 3.570 mahasiswa baru S-1.

"Dengan hasil tersebut, diperoleh populasi mahasiswa aktif Usakti pada tahun akademik 2012/2013 adalah 20.410 mahasiswa aktif, dengan mahasiswa asing sejumlah 123 yang berasal dari Malaysia, Papua Nugini, Timor Leste, Yaman, Korsel, Myanmar, AS, Arab Saudi, Madagaskar dan Kamboja," ujarnya.

Acara Dies Natalis ke 48 Usakti kali ini sendiri juga turut dimeriahkan oleh berbagai kegiatan, seperti karnaval budaya, sendratari, olahraga sepeda sehat, lomba masak, lomba band mahasiswa, lomba goyang Caesar, dan lain-lain. Semua digelar hingga 8 Desember 2013, serta akan ditutup dengan pertunjukan Sendratari Pawiyatan Agung pada tanggal 26 Januari 2014 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). (Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini