by

[VIDEO] Pelukis Deddy PAW Jadikan Apel Objek Utama Lukisannya

  • Peristiwa
  • 0
  • 02 Des 2013 09:00
Apa yang terlintas di benak Anda jika mendengar kata apel? Bagi perupa Deddy PAW, apel menjadi tema ikonik lukisannya.

Sejak awal tahun 2000, pelukis asal Magelang ini selalu menghadirkan apel dalam setiap karyanya. Berkat ketekunan dan keunikannya tidak sedikit lukisan karya Deddy yang dikoleksi para penggemar lukisan dari berbagai negara seperti Australia, China, Korea, Swiss, hingga Amerika Serikat.
 
Seakan terobsesi dengan apel, perupa Deddy PAW menjadikan buah ini tema utama lukisannya. Lihat saja dalam lukisan-lukisannya seperti dalam tayangan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin (2/12/2013). Semua menampilkan apel.  Ia menuturkan apel memang sudah menjadi bagian tak terpisahkan dengannya sejak 2003. Tapi kenapa apel?

"Apel dalam karya saya sebenarnya merupakan simbol kebaikan, kasih sayang, harapan dan perdamaian," kata perupa jebolan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) itu.

Lantaran simbol kebaikan itulah, Deddy pun menggabungkan apel dengan sejumlah sosok yang juga begitu akrab dengan nilai-nilai kebajikan dan keluhuran seperti Buddha, Konfusius, serta Dalai Lama.

Dan sejak pulang kampung ke Magelang, Jawa Tengah, Deddy juga menjadikan Candi Borobudur sebagai ikon lukisannya. Tak heran bila sejumlah karyanya kerap menyandingkan apel dengan candi Buddha terbesar di dunia tersebut.

Selain tampil segar dengan gaya realis, sejumlah karya Deddy-- yang mantan wartawan ini -- juga dibuat dengan pendekatan grafis. Meski jelas berbeda, keduanya tetap mampu menghadirkan keindahan yang tidak menjadi sekadar penghias ruang. (Mvi/Yus) (mvi)
Comments
Sign in to post a comment