Sukses

Gempa 6,7 SR Guncang Maluku, Tak Potensi Tsunami

"Tidak ada dampak tsunami dan getaran gempa sangat kecil selama 3-5 detik," kata Sutopo.

Gempa berkekuatan 6,7 skala Richter (SR) mengguncang wilayah Maluku Barat Daya. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah V Jayapura menyebutkan gempa yang terjadi sekitar pukul 08.24 WIB itu tak berpotensi tsunami.

Gempa berpusat di 6.89 Lintang Selatan 128.47 Bujur Timur atau 250 kilometer arah Timur Laut Maluku Barat Daya dengan kedalaman 40 kilometer, Minggu (1/12/2013).

"Tidak ada dampak tsunami dan getaran gempa sangat kecil selama 3-5 detik," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho saat dikonfirmasi Liputan6.com, Minggu (1/12/2013).

Ia menambahkan daerah tersebut memang sering diguncang gempa. Dan gempa kali ini tak berpotensi tsunami karena di tengah laut jauh dari daratan. Belum ada laporan kerusakan maupun korban jiwa akibat gempa ini. (Adi/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Tsunami

  • maluku

Video Terkini