Sukses

489 TKI <i>Overstayers</i> Dipulangkan dari Arab Saudi

Dengan pemulangan tahap 5 ini, sudah ada 2.452 WNI overstayer yang dipulangkan ke Tanah Air.

Pemerintah Indonesia kembali memulangkan WNI overstay atau yang melebihi izin tinggal dari Arab Saudi. Kali ini, sebanyak 489 WNI overstayer dipulangkan ke Tanah Air melalui Konjen RI di Jeddah.

"Pemulangan WNI overstayers tahap ini terdiri dari 317 perempuan dewasa, 84 laki-laki dewasa, 50 anak-anak dan 38 bayi. Pemulangan didampingi pula oleh 2 staf KJRI Jeddah," kata Pelaksana Fungsi Pensosbud KJRI Jeddah Syarif S dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Minggu (1/12/2013).

Menurut Syarif, para WNI tersebeut akan dipulangkan menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA 983 pada 30 November 2013 pukul 00.15 waktu Jeddah, dan dijadwalkan tiba di Jakarta pada pukul 14.30 WIB.

"Pemulangan pada tahap 5 ini diharapkan dapat berjalan dengan baik dan lancar sebagaimana pemulangan pada tahap-tahap sebelumnya," tutur Syarif.

Ia menjelaskan, sesuai dengan kebijakan yang diberlakukan oleh Pemerintah Arab Saudi, maka WBI overstayer yang dipulangkan adalah mereka yang menghuni Penampungan Imigrasi Shumaysi.

Dia menamabahkan, saat ini otoritas Arab Saudi juga telah membuka proses pemulangan secara mandiri bagi para overstayers termasuk WNI yang masuk ke Arab Saudi dengan menggunakan visa umroh dan haji.

"Tim KJRI Jeddah hingga saat ini terus melakukan pendampingan bagi proses pemulangan para WNI overstayers eks haji dan umroh sebagaimana dimaksud," ungkapnya.

Dengan dipulangkannya WNI overstayers tahap 5 ini, maka saat ini jumlah keseluruhan WNI overstayer yang telah dipulangkan oleh Pemerintah Indonesia sebanyak 2.452 orang. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini