Sukses

Festival Tari Rakyat Dunia di Monas Dibuka Tanpa Jokowi

Acara tetap berjalan dan dibuka Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan, Wiendu Nuryanti.

Alunan musik tradisional sejumlah negara gegap gempita mengiringi pembukaan Festival Tarian Rakyat Internasional atau International Folk Dance Festival 2013 di Silang Monas, Jakarta, Sabtu (30/11/2013).

Namun, acara yang dihadiri perwakilan 9 negara yakni Polandia, Korea Selatan, Rusia, Banglades, Thailand, Bulgaria, Singapura, Rumania, dan Austria ini batal dibuka Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo. Padahal sebelumnya Gubernur yang karib disapa Jokowi itu dijadwalkan akan membuka acara ini.

Meski demikian, acara tersebut tetap berjalan dan dibuka Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti.

"Selamat menikmati Kota Jakarta yang sangat indah dan mempesona dengan rombongan penari-penari dari berbagai negara untuk berfestival di Kota Jakarta yang kita cintai ini. Indonesia merasa bahagia dengan menjadi tuan rumah di acara International Folk Dance Festival ini," kata Wiendu di Silang Monas, Jakarta, Sabtu (30/11/2013).

Wiendu yang mengenakan kebaya putih mengungkapkan rasa bangga bisa bersama-sama dengan perwakilan 9 negara yang turut menjadi peserta.

"Folk dance adalah tarian rakyat yang pernah menjadi tarian tertua di dunia. Karena itu, kami turut berbangga untuk bisa bersama-sama dengan 9 negara yang hari ini menjadi peserta," ungkapnya.

Sebelum pembukaan acara International Folk Dance Festival atau festifal tarian rakyat Internasional tersebut, lagu khas budaya Betawi Gambang Kromong dan Jali-jali serta tarian khas Jakarta yakni Topeng Betawi juga ikut meramaikan acara tersebut. Festival ini diselenggarakan di Jakarta pada 28 November-3 Desember 2013 mendatang, dengan pembukaan yang digelar pada Sabtu 30 November 2013 ini di Plaza Selatan, Monas, Jakarta.

Peserta dari berbagai negara itu akan menampilkan tarian rakyat dari negaranya masing-masing. Selain menampilkan pertunjukan yang bersifat kompetisi, para peserta juga akan mengadakan parade atau pawai yang akan diselenggarakan pada Minggu 1 Desember 2013 besok pukul 06.00 WIB yang berbarengan dengan kegiatan car free day yang dimulai dari Bunderan HI dan berakhir di Monas.

Sesampainya di Monas, para peserta festival dijadwalkan akan mempertunjukan berbagai tarian dari negaranya masing-masing untuk dinilai oleh dewan juri dan ditentukan siapa pemenangnya.

Tanpa Jokowi

Meski akhir pekan, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi memiliki agenda yang cukup padat. Jokowi menghadiri sejumlah undangan pertemuan termasuk menjadi pembicara Serial Seminar Universitas Indonesia bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri di Fakultas Kedokteran UI Salemba. Namun, tidak diketahui alasan ketidakhadiran mantan Walikota Solo itu dalam acara ini. (Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini