Sukses

Jokowi Capres PDIP? Megawati: Sabar...

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri menjawab, sabar... saat ditanya apakah Jokowi bakal menjadi capres PDIP.

Isu Joko Widodo maju menjadi calon presiden dari PDIP kian santer. Sebab Gubernur DKI Jakarta yang karip disapa Jokowi itu disebut-sebut salah satu tokoh yang memang layak berkompetisi di Pemilu 2014.

Namun, saat ditanya mengenai hal itu, Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri meminta agar semua pihak bersabar. "Sabar... Itu keputusan rakernas (rapat kerja nasional) kan. Kita konsentrasi di Pileg dulu," kata Mega usai diskusi di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Salemba, Jakarta Pusat, Sabtu (30/11/2013).

Lebih jauh, Mega mengomentari terkait kunjungan Jokowi ke sejumlah kampus. Menurut Mega, hal itu dilakukan bukan untuk meningkatkan elektabilitasnya. "Tapi untuk memperluas wacana sebagai petugas partai. Kan beliau banyak membantu teman-teman di daerah juga supaya bisa ditemani beliau," ujar Mega.

Lalu sudah benarkah Jokowi menjadi capres PDIP? Sekali lagi Mega menjawab sabar. "Kan yang akan mengumumkan ketua umum. Jadi nggak apa-apa. Saya jawab ini itu biar foto saya di mana-mana, dipajang-pajang. Yang jadi persoalan kan nanti dari mulut saya ini. Jadi tunggu saja sabar..," ucap Presiden ke-5 RI itu.

Terkait dengan kepemimpinan, menurut Mega, seorang pemimpin harus terjun ke lapangan dan menemui rakyatnya. Dengan begitu, seorang calon pemimpin nasional bisa mengerti kondisi rakyatnya secara objektif.

"Jadi harus terjun ke bawah, itu kan negara kita. Seorang yang mau menjadi adminstrator besar dari sebuah negara kalau nggak ngerti secara obyektif tentu akan mengurangi bobotnya," tandas Mega. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • PDIP