Sukses

Gunung Sinabung Meletus Lagi

Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, meletus lagi dan menimbulkan gempa vulkanik.

Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, meletus lagi dan menimbulkan gempa vulkanik pada Sabtu (30/11/2013) siang sekitar pukul 14.00 WIB.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan, letusan terjadi selama 287 detik serta menimbulkan 13 kali gempa vulkanik dan tremor berkelanjutan.

Kemarin, kata Sutopo, puncak Gunung Sinabung mengeluarkan asap hitam kecoklatan setinggi 400 meter. Aktivitas gunung berapi itu menimbulkan 8 kali gempa dan tremor terus menerus.

"Warga yang mengungsi untuk menghindari dampak peningkatan aktivitas gunung api itu kini sebanyak 17.281 orang," ujar Sutopo.

Para pengungsi itu menempati 31 pos penampungan pengungsi. 30 Pos di antaranya berada di Karo dan 1 pos lainnya di Desa Telaga, Kecamatan Sei Bingei, Kabupaten Langkat.

Secara keseluruhan, belasan ribu warga di 22 desa sudah dievakuasi. Para petugas berusaha memastikan seluruh warga yang tinggal dalam radius 5 kilometer dari gunung tersebut.

Aparat kepolisian berjaga di pemukiman yang ditinggal warga untuk mengungsi. "Persediaan makanan untuk pengungsi erupsi Gunung Sinabung masih mencukupi hingga untuk empat hari ke depan," tandas Sutopo. (Ant/Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.