Sukses

Tak Mau Langkahi Bung Karno, Mega Tolak Disebut Ibu Bangsa

Putri Soekarno, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri menolak disematkan gelar Ibu Bangsa.

Tak ada yang memungkiri bahwa Presiden pertama RI Soekarno adalah Bapak Bangsa. Proklamator kemerdekaan Indonesia tersebut memang layak disebut seperti itu karena jasa-jasanya.

Putri Soekarno, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri mengaku ada yang bilang dirinya sebagai Ibu Bangsa. Tapi Ketua Umum PDIP itu menolak disematkan gelar tersebut.

"Pernah ada yang mengusulkan kalau saya ini harusnya jadi Ibu Bangsa," kata Megawati saat menjadi pembicara dalam disuksi 'Indonesia Menjawab Tantangan: Kepemimpinan Menjadi Bangsa Pemenang' di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat, Sabtu (30/11/2013).

Dia menjelaskan, jika ia menerima gelar Ibu Bangsa, maka itu sama saja melangkahi ayahnya, Soekarno. "Bapak saya, proklamator RI itu oleh masyarakatnya sendiri disebut sebagai Bapak Bangsa. Masa iya saya melangkahi bapak saya sendiri. Kalau kata orang Jawa, nanti kualat," jelas Jokowi.

Selain Megawati, Jokowi juga menjadi pembicara dalam acara yang digelar UI tersebut. Megawati dan Jokowi tiba bersamaan dari sebuah mobil. Hadir pula elite PDIP lainnya, seperti Rieke Diah Pitaloka. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati

  • Soekarno