Sukses

Irman Gusman: Capres Jangan Hanya Andalkan Popularitas

Menurut Ketua DPD Irman Gusman, seorang capres harus memiliki apa yang dibutuhkan bangsa, bukan hanya popularitas dan elektabilitas.

Seorang pemimpin bangsa idealnya tak hanya memiliki kemampuan memimpin, tetapi juga memiliki integritas dan kewibawaan serta ketegasan. Maka itu, seorang capres idealnya tidak hanya mengandalkan popularitas dan elektabilitas. Hal itu dikatakan capres dari Konvensi Partai Demokrat, Irman Gusman.

"Dan seperti apa sih kualitas kepemimpinan yang diperlukan? Jangan hanya mensimplifikasi sekedar popularitas dan eletabilitas saja," kata Irman usai diskusi di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat, Jumat (29/11/2013).

Menurut Irman, jika seorang capres hanya mengandalkan popularitas dan elektabilitas harus menjadi evaluasi bersama. Karena seharusnya kepemimpinan nasional 2014 itu harus menjawab tantangan bangsa ini.

"Soal berkompetisi dalam konteks konvensi ya kita mengalir saja. Penilaian kan melalui survei, biarkan survei berjalan, tapi yang paling pokok adalah melakukan komunikasi sebanyak mungkin dengan masyarakat," kata politisi yang juga Ketua DPD ini.

Irman juga mengomentari terkait survei yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI). Menurutnya, para peserta konvensi tidak memiliki suara yang signifikan.

Hal itu wajar, karena konvensi baru berjalan beberapa bulan belakangan ini. "Pertanyaannya, apakah sekedar menyandarkan popularitas dan elektabilitas seorang untuk jadi pemimpin nasional?" imbuh Irman. (Rmn/Ism)

[Baca juga: Sutiyoso Tidak Dukung Capres Militer, Agum Netral]

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini