Sukses

Kapal Feri di Hong Kong Tabrak `Obyek Misterius`, 85 Orang Luka

Petugas pemadam kebakaran yang melakukan pencarian di lokasi tabrakan, tak menemukan benda yang ditabrak.

Sekitar 85 orang terluka, 6 di antaranya cedera serius saat kapal feri berkecepatan tinggi menabrak obyek tak dikenal di Hong Kong.

Insiden tersebut terjadi pukul 01.20 waktu setempat atau 01.20 WIB dekat Pulau Hei Ling Chau. Kapal itu menempuh rute dari Hong Kong ke Macau. Saat itu ada 105 penumpang dan 10 kru di dalamnya.

"Tiba-tiba ada ledakan keras, feri terlonjak. Banyak penumpang terlempar dari kursi," kata salah satu penumpang kepada situs berita Hong Kong, Apple Daily, seperti dilansir BBC, Jumat (29/11/2013).  Tak ada penumpang yang dilaporkan hilang. Hingga saat ini investigasi masih dilakukan.

Apa persisnya benda yang ditabrak kapal, belum jelas. Petugas pemadam kebakaran yang melakukan pencarian di lokasi tabrakan, tak menemukan apapun.

"Obyek tersebut mungkin telah pecah berkeping, tenggelam, atau terbawa arus," kata salah satu petugas.

Dalam pernyataannya, operator TurboJet  mengidentifikasi kapal feri tersebut sebagai Madeira. "Kapal tersebut sudah ditarik ke Hong Kong Macau Ferry Terminal. Dari pemeriksaan awal tidak ditemukan kerusakan signifikan pada tubuh kapal," demikian pernyataan pihak TurboJet.

"Pihak perusahaan akan bekerja sama dengan aparat untuk melakukan investigasi penyebab kecelakaan."

Sementara, mengenai banyaknya korban luka, diduga banyak penumpang yang tidak mengenakan sabuk pengaman. Apalagi, kapal saat itu tidak ngebut, dan tak ada bukti kerusakan berarti pada feri.

Tahun lalu, 39 orang tewas saat kapal rekreasi dan feri berkecepatan tinggi bertabrakan di Pulau Lamma Hong Kong.

Kapten dua kapal didakwa dengan dakwaan berlapis, termasuk pembunuhan. Laporan kecelakaan menyebut, "kegagalan sistemik" di Departemen Kelautan berkontribusi terhadap kecelakaan. (Ein/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.