Sukses

Buruh Demo di Bundaran HI, Lalin Tersendat

Ratusan buruh memenuhi Bundaran HI menuntut revisi UMP 2014. Mereka juga berencana mendatangi Kantor Gubernur DKI Jakarta.

Ratusan buruh yang tergabung dalam Konsolidasi Nasional Gerakan Buruh (KNGB) kembali turun ke jalan. Mereka kembali menyuarakan penolakan upah murah.

Pantauan Liputan6.com, Kamis (28/11/2013), massa buruh berkumpul di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, tepatnya di depan Hotel Kempinsky.

Dengan menumpang beberapa bus besar, buruh ini mulai berdatangan sekitar pukul 12.30 WIB. Mereka langsung mengibarkan puluhan bendera komunitas buruh yang ikut aksi dalam ukuran besar.

Dalam aksinya buruh menuntut beberapa hal, di antaranya merevisi upah minimum 2014 di Jabodetabek sebesar Rp 2,6 juta. Mereka juga menuntut pencabutan Inpres No.9 Tahun 2013 tentang Pengaturan Upah Minimum dan mencabut Permenakertrans No.07 Tahun 2013.

Selain itu, para buruh juga menuntut kepolisian untuk mencopot Kapolres dan Kabag Ops Polres Kabupaten Bekasi yang telah melakukan pembiaran kekerasan saat terjadinya unjuk rasa beberapa waktu lalu di Bekasi.

Selain berorasi di Bundaran HI, para buruh ini juga berencana menggeruduk Kantor Gubernur DKI Jakarta.

Akibat aksi buruh di Bundaran HI, arus lalu lintas dari arah Jalan Sudirman yang menuju Jalan MH Thamrin yang melewati Bundaran HI agak tersendat. Sebagian buruh yang berdemo hari ini juga menutupi sebagian sisi jalan di sekitaran Bundaran HI. (Ado/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini