Sukses

[VIDEO] Akibat Sengketa Lahan, Warga Hadang Buruh Panen Getah

Aksi yang dilakukan ratusan warga dari 5 kampung ini nyaris bentrok dengan polisi. Namun polisi memilih mundur.

Ratusan warga dari 5 kampung di Kabupaten Tulang Bawang Barat, Lampung menghadang rombongan polisi bersenjata yang mengawal sejumlah buruh yang akan memanen getah karet.

Seperti tayangan Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (26/11/2013), negosiasi sempat alot dan polisi memilih mundur untuk menghindari benturan dengan massa.

Warga melengkapi diri dengan berbagai senjata tajam menghadang polisi. Massa menolak sejumlah buruh sebuah perusahaan yang akan memanen getah karet.

Massa menuntut kedua belah pihak baik warga maupun pihak perusahaan untuk sementara tidak melakukan aktivitas apapun, di atas lahan sengketa. Karena tengah dalam proses hukum di pengadilan setempat.

Keributan ini, buntut dari sengketa lahan antara perusahaan karet dengan warga di 5 kampung Kecamatan Bandar Dewa.
Massa mengklaim tanah seluas lebih dari 1400 hektar di Kampung Panagaran Jaya, Kecamatan Tulang Bawang Tengah yang menurut warga tanah ulayat milik warga 5 desa. (Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.