Sukses

Puluhan Warga Maluku Utara Geruduk KPU Pusat

Massa pendukung pasangan AGK dan Manthab ini menuding, Ketua KPU Husni Kamil meintervensi KPUD Provinsi Maluku Utara.

Puluhan warga Maluku Utara yang mengaku pendukung pasangan cagub Maluku Utara Abdul Gani Kasuba dan M Naser Thaib (AGK dan Manthab) menggeruduk Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat. Kedatangan mereka menuntut pertanggungjawaban Ketua KPU Husni Kamil Manik yang diduga mengintervensi KPU Daerah Provinsi Maluku Utara.

"Kami melihat telah terjadi penggelumbungan suara di 8 kecamatan, misalnya di kepulauan Sula," kata demonstran, Sarka di Gedung KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (25/11/2013).

Menurutnya, Ketua KPU Maluku Utara Muliyadi Tutupoho dalam proses pengesahan rekapitulasi perhitungan suara Maluku Utara putaran II menyebut nama Ketua KPU. "Karenanya atas dasar itu, kedatangan kami ke sini untuk bertemu langsung dengan Ketua KPU."

"Tapi kalau Ketua KPU tidak mau menemui perwakilan kami, maka tidak salah kami menduga KPU telah melakukan konspirasi politik " tuding Sarka.

Selain itu, ia juga menyebutkan dugaan tindak kecurangan lain, seperti pengurangan suara bagi pasangan AGK-Manthab di beberapa Tempat pemungutan suara yang dilakukan sistematis, rapi, terstruktur dan didukung penyelenggara pemilu setempat.

"Dengan menggunakan tip-ex (penghapus tinta) suara kita dicuri. Misalnya, semula suara kita berjumlah 350 suara, kemudia dihilangkan angka nol di belakangnya. Apalagi kita juga temukan kalau formulir C1 yang akan dikirim ke pusat menggunakan photocopy-an, ini kan kecurangan," papar Sarka.

Pada 10 November lalu, KPU Provinsi Maluku Utara telah menyelenggarakan Pilkada putaran II yang diikuti 2 pasang kandidat, yakni Ahmad Hidayat Mus dan Hasan Doa (AHM dan Doa) yang diusung Partai Golkar, PDIP, Demokrat, PAN, Gerindra, PPP, Hanura dan PKB. Sementara pasangan AGK dan Manhtab yang diusung Partai PKS, Republikan dan PDK.

Total perolehan suara pada Pilkada Maluku Utara putaran ke-2 ini mencapai 542.293 pemilih, dari jumlah pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 832.135.

Pilkada putaran ke-2 ini dimenangkan pasangan AHM dan Doa dengan perolehan suara sebanyak 268.665, sementara pasangan calon AGK dan Manhtab mendapat suara sebesar 258.476.

Perwakilan demonstran ini diterima humas KPU, sedangkan Ketua KPU Husni Kamil Manik sedang tidak berada di kantor. (Rmn/Mut)

[Lihat juga: Video Protes Rekapitulasi KPUD, Massa Vs Polisi Bentrok]

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.