Sukses

Gunung Sinabung Erupsi, Ratusan Warga Tanah Karo Mengungsi

Sebanyak 131 warga Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara mengungsi ke Kabupaten Langkat, akibat erupsi Gunung Sinabung.

Sebanyak 131 warga Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara, mengungsi ke Kabupaten Langkat, akibat erupsi Gunung Sinabung. Mereka mengungsi setelah melakukan perjalanan dari daerah mereka dengan melewati hutan, untuk menyelamatkan diri.

"Ada 131 warga Tanah Karo yang sekarang ini ditampung di tempat pengungsian yang ada di kecamatan Sei Bingei," kata Kepala Wilayah Kecamatan Sei Bingei Akhyar di Se Bingei, Senin (25/11/2013).

Mereka yang mengungsi ke Kecamatan Sei Bingei, Kabupaten Langkat itu berasal dari Desa Kuta Bung, Desa Kua Rakyat dan Desa Kebayaken Kecamatan Naman Teran.

Akhyar juga menyampaikan, para pengungsi kini ditampung di Balai Desa Telaga, Kecamatan Sei Bingei. Selain itu ada juga yang ditampung di rumah keluarganya. "Kita hanya menunggu sekarang ini pasca erupsi yang terjadi karena adanya peningkatan status Gunung Sinabung menjadi awas," ujarnya.

Kepala Wilayah Kecamatan Sei Bingei yang wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Tanah Karo ini menjelaskan, kemungkinan jumlah pengungsi akan semakin bertambah, melihat semakin aktifnya Gunung Sinabung melakukan erupsi.

"Warga setempat juga sudah diingatkan untuk berhati-hati terhadap erupsi yang kemungkinan sering terjadi, sekaligus agar warga menyiapkan masker karena abu Gunung Sinabung sudah juga sampai ke wilayah tersebut," tandas Akhyar. (Ant/Riz/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini