Sukses

Sosok Mayor Puguh, <i>Leader</i> Misi Kemanusiaan di Filipina

Komandan penerbangan pesawat Hercules C-130 ini mengaku bangga menjadi leader dalam tugas kemanusian di Filipina.

Komandan penerbangan pesawat Hercules C-130, Mayor Pnb Puguh Yulianto mengaku bangga menjadi leader dalam tugas kemanusian di Filipina. Menurut Puguh, saat bertugas disana, pemerintah Filipina mengakui profesionalitas kerja krunya.

"Adapun untuk keseluruhan, memang dari pemerintah Filipina sangat berterima kasih kepada kru dan kepada pemerintah Indonesia. Terutama Pak Presiden, terkait pengiriman tim kita ini ke Filipina untuk memberikan sumbangsihnya ikut mengatasi keadaan di sana," ungkap anggota Skuadron 31 ini.

Dalam tugas mulia di sana, Puguh mengaku banyak pengalaman yang ia dapat. Meski sering terjadi masalah, namun semua bisa segera terselesaikan.

"Banyak cerita yang kita alami, karena memang dalam keadaan itu adalah hal yang wajar. Daerah Tacloban terutama semua collapse, sehingga komunikasi untuk air traffic control-nya tidak ada. Oleh karena itu, kita perlu ekstra keras melaksanakan tugas ini," imbuh pria yang murah senyum ini.

Pemerintah Filipina meminta bantuan berbagai negara yang salah satunya Indonesia, untuk mendistribusikan bantuan ke wilayah-wilayah yang terkena dampak bencana Topan haiyan.

Pemerintah Indonesia mengirim satu hercules tipe C-130 yang dikomandoi Mayor Puguh. Mereka ditugasi membantu pemerintah Filipina sejak 16-24 November 2013. (Tnt)

[Baca Juga]: Dubes RI: Bantuan TNI AU untuk Filipina Sampai 24 November

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.