Sukses

[VIDEO] Pasca-Meletus, Kawah Gunung Merapi Retak

Tidak tanggung-tanggung, panjang retakan mencapai 230 meter dengan lebar 50 meter dan tepat berada di tengah kubah lava.

Tak hanya mengejutkan warga, letusan freatik yang terjadi awal pekan lalu juga mengakibatkan munculnya retakan baru di tengah kawah Gunung Merapi.

Karena dianggap menambah potensi bahaya Merapi, Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, meminta warga lereng gunung untuk meningkatkan kewaspadaan, seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin (25/11/2013).

Munculnya retakan baru di Puncak Merapi, perbatasan Jawa Tengah dan DIY ini diidentifikasi Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), menyusul terjadinya letusan freatik pekan lalu.

Tidak tanggung-tanggung, panjang retakan mencapai 230 meter dengan lebar 50 meter dan tepat berada di tengah kubah lava. Meski hingga kini belum diketahui pasti dampak dari munculnya retakan baru tersebut, namun Pemerintah Kabupaten Sleman meminta warga lereng Merapi untuk makin waspada.

Hingga kini pihak BPPTKG masih meneliti munculnya retakan baru tersebut. Dari penelitian sementara, retakan diketahui mengarah ke utara dan selatan. BPPTKG berencana memasang alat pemantau di pos pasar bubrah untuk mendeteksi terjadinya erupsi minor seperti letusan freatik pada Senin pekan lalu. (Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini