Sukses

Gunung Sinabung Naik Status `Awas`, Warga Radius 5 Km Diungsikan

Gunung Sinabung berstatus awas atau level 4 terhitung mulai 24 November 2013 pukul 10.00 WIB. Warga Radius 5 kilometer diungsikan.

Gunung Sinabung di Karo, Provinsi Sumatera Utara, masih terus mengeluarkan letusan yang disertai keluar material vulkanik dan abu. Status Gunung Sinabung dari Siaga atau level 3 menjadi Awas atau level 4 terhitung mulai 24 November 2013 pukul 10.00 WIB.

"Status Gunung Sinabung dinaikkan jadi Awas. Komandan Tanggap Darurat segera mengambil langkah-langkah terkait kenaikan status gunung api tersebut," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas,  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho melaui pesan tertulis, Minggu (24/11/2013).

Status Awas dinaikkan karena diindikasikan dengan peningkatan intensitas letusan dan makin meluasnya lontaran material berukuran 3-4 centimeter hingga mencapai jarak 4 kilometer. Direkomendasikan  masyarakat yang bermukim di radius 5 km dari kawah Gunung Sinabung untuk  diungsikan.

"Status Awas adalah status tertinggi dari aktivitasnya gunungapi diperkirakan akan terjadi letusan lagi," jelasnya. Perkiraan awal, sekitar 15.000 jiwa masyarakat yang tinggal di radius 5 km harus mengungsi.

"Saat ini persiapan evakuasi sedang disiapkan," imbuh Sutopo. Sekitar lebih dari 500 personil dari BNPB, BPBD Sumut, TNI, Polri, SKPD dan relawan dikerahkan dalam penanganan erupsi Gunung Sinabung.

Saat ini Kebutuhan mendesak yang diperlukan adalah kendaraan truk untuk evakuasi jika ada peningkatan status Sinabung atau antisipasi untuk kondisi terburuk.

"Kebutuhan lain adalah permakanan, masker, sandang, selimut, tikar, makanan bayi, sanitasi, psikososial dan layanan kesehatan," tandas Sutopo. (Adi/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.