Sukses

Jadi Ketum FSPMI, Jumhur Janji Perjuangkan Pekerja Pelabuhan

Kepala BNP2TKI Jumhur Hidayat terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum Federasi Serikat Pekerja Maritim Indonesia (FSPMI).

Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja (BNP2TKI) Moh Jumhur Hidayat terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum Federasi Serikat Pekerja Maritim Indonesia (FSPMI).

Jumhur berjanji untuk memperjuangkan pekerja, mengingat masih banyak buruh pelabuhan yang digaji secara tidak manusiawi. Bahkan tak jarang dari pekerja tersebut masih di bawah umur.

"4 ribu triliun keluar masuk perdagangan Indonesia, namun pekerjanya masih jauh dari kesejahteraan. Status hubungan kerja di pelabuhan juga belum jelas padahal ini sektor unggulan," kata Jumhur usai dilantik menjadi Ketua FSPMI di salah satu hotel di Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Sabtu (23/11/2013) malam.

Selain faktor kesejahteraan, ia juga berjanji akan melakukan evaluasi aturan terkait dengan serikat pekerja maritim yang berlaku saat ini.

"Kita tahu bahwa sekarang di beberapa pelabuhan yang kerja bongkar muat dan masih di bawah umur dan hubungan industrial juga tidak jelas. Dan itu jadi agenda kita. Konsolidasi organisasi dengan insentif agar tiap pimpinan dalam perjuangan bersama. Dan sejauh mungkin hindari intrik dan fitnah," tandas Jumhur. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini