Sukses

[VIDEO] Pondok Pesantren Dibakar Warga

Kemarahan warga dipicu penangkapan seorang teman mereka oleh polisi.

Karena diduga mengajarkan ajaran sesat, sebuah pondok pesantren di Sragen, Jawa Tengah dibakar warga. Kemarahan warga juga dipicu penangkapan seorang teman mereka oleh polisi.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Minggu (24/11/2013), hingga Sabtu 23 November malam, api masih berkobar dan membakar Pondok Pesantren Padepokan Santri Luwung di Desa Bedowo, Sragen.

Pembakaran pondok pesantren ini dipicu penangkapan seorang warga bernama Triyono oleh polisi, terkait perusakan pesantren itu sebelumnya. Warga menganggap polisi berlaku tidak manusiawi saat menangkap Triyono.

Beberapa pekan lalu, pesantren juga pernah dirusak warga karena diduga kuat mengajarkan ajaran sesat kepada santri-santrinya dengan cara melakukan ibadah yang tidak lazim. Laporan warga tentang kesesatan ajaran di pesantren itu tidak ditindaklanjuti pemerintah. Sehingga warga main hakim sendiri.

Ketegangan di Desa Bedowo mereda setelah Kapolda Jawa Tengah Irjen Dwi Priyatno dan Wakil Bupati Sragen H Daryanto datang. Untuk mencegah situasi yang lebih buruk, 300 polisi dan tentara disiagakan di sekitar pondok pesantren. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.