Sukses

KPK: Info Periksa Wapres Boediono Dijelaskan Senin

Info pemeriksaan Wapres Boediono di Kantor Wapres oleh KPK sejak Sabtu pagi kian jelas. KPK berencana memberikan penjelasan Senin mendatang.

Informasi pemeriksaan Wapres Boediono di Kantor Wapres oleh penyidik KPK sejak Sabtu pagi kian jelas. KPK berencana memberikan penjelasan pada Senin 25 November mendatang.

"Berkaitan dengan informasi soal pemeriksaan Pak Boediono sebagai saksi untuk tersangka BM dalam kaitan dengan penyidikan KPK terkait kasus Bank Century, akan dijelaskan oleh Pimpinan KPK melalui konferensi pers secara lengkap pada Senin di kantor KPK."

Demikian disampaikan Juru Bicara KPK Johan Budi melalui keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (23/11/2013).

Tersangka BM yang disebutkan Johan adalah mantan Deputi V Bidang Pengawasan Bank Indonesia (BI) Budi Mulya. Dia merupakan satu-satunya tersangka dalam kasus dugaan korupsi pemberian Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek (FPJP) dan penetapan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik.

"Sementara itu penjelasan resmi KPK mengenai informasi soal pemeriksaan Pak Boediono sebagai saksi kasus Bank Century. Keterangan akan disampaikan langsung oleh Pimpinan KPK. Kami mohon bersabar menunggu keterangan resmi Pimpinan KPK yang rencananya akan disampaikan pada konferensi pers Senin," tulis Johan.

Saat bailout Bank Century, Boediono menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI). KPK pada Jumat kemarin memeriksa mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla. JK mengaku menghadiri rapat bersama Boediono dan Menteri Keuangan saat itu Sri Mulyani. Dalam rapat disepakati Bank Century tidak gagal secara sistemik.

Tapi beberapa jam kemudian kembali digelar rapat yang tidak dihadiri JK. Diputuskan Bank Century gagal secara sistemik dan harus dikucurkan dana talangan. Informasi dari JK inilah yang ingin digali penyidik KPK. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.