Sukses

FPI Juga Bakar Bendera AS di Depan Kedubes Australia

Selain membakar bendera Australia yang berada di bambu, massa FPI juga membakar bendera Amerika Serikat.

Selain membakar bendera Australia yang diikatkan di bambu, massa Front Pembela Islam (FPI) juga membakar bendera Amerika Serikat. Kedua negara ini diduga menyadap Indonesia.

Pantauan Liputan6.com di depan Kantor Kedubes Australia, Kuningan, Jakarta, Jumat (22/11/2013), bendera Australia lebih dulu dibakar. Kondisinya terikat di bambu. Kemudian massa FPI menginjak-injak bendera AS dan membakarnya di atas aspal.

"Indonesia jangan jadi kacungnya Yahudi. Jangan mau disuruh-suruh Australia dan Amerika dan antek-anteknya Amerika," seru Ketua FPI Jakarta Habib Salim Alatas alias Habib Selon.

Pembakaran dilakukan FPI sebagai protes atas penyadapan intelijen Australia terhadap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Ibu Negara Ani Yudhoyono, dan beberapa pejabat.

"FPI akan bertindak tegas mengusir Duta Besar Australia dan Amerika Jumat depan," ujar Habib Selon.

Sebelum membakar bendera Australia dan AS, massa FPI melempari Kantor Kedubes Australia dengan telur busuk. Sempat juga dorong-dorongan dengan polisi. Namun kericuhan mereda setelah kedua pihak menahan diri atas instruksi komando masing-masing. (Sss/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.