Sukses

[VIDEO] Teatrikal `SBY Vs Abbot` Kritik Penyadapan

Aksi teatrikal ini mempertontonkan perseteruan antara Presiden SBY dan Perdana Menteri Australia Tony Abbott.

Kecaman akibat penyadapan intelijen Australia terhadap sejumlah pejabat Indonesia semakin meluas. Aksi teatrikal perseteruan antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Perdana Menteri Australia Tony Abbott pun menarik perhatian warga.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (22/11/2103), dalam teatrikal ini, pria bertopeng wajah Presiden SBY mengancam Perdana Menteri Australia Tony Abbott untuk bertanggung jawab atas penyadapan yang dilakukan pemerintahannya.

Pertunjukan teatrikal jalanan ini tidak hanya menyindir Australia yang hingga kini belum mau meminta maaf, namun juga menyindir SBY agar segera bertindak tegas. Termasuk memutus kerja sama dengan Negeri Kanguru itu. Warga Solo, Jawa Tengah menilai tindakan Australia telah menginjak-injak martabat bangsa Indonesia.

Aksi penyadapan ini bermula sejak beredarnya dokumen yang dibocorkan mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional AS (NSA). Disebutkan SBY disadap Australia.

Berdasarkan laporan yang dimuat The Guardian dan ABC, Senin 18 November lalu, disebutkan SBY bersama 9 jajaran petinggi negara, termasuk Wakil Presiden Boediono dan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla juga menjadi target penyadapan pada 2009.

"Target penyadapan juga termasuk 9 jajaran di lingkaran pemimpin Indonesia, termasuk the first lady, Kristiani Herawati atau lebih dikenal Ani Yudhoyono," tulis The Guardian. (Rmn/Sss)

[Baca juga: Snowden: Ponsel SBY Disadap Australia dan Dampak Surat SBY untuk Tony Abbott]

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.