Sukses

Ditanya Jadi Kader Demokrat, Dahlan: Saya Sudah Lama Dukung SBY

"Saya memang formal bukan kader Partai Demokrat. Tapi sudah saya katakan bahwa saya sudah lama mendukung Pak SBY."

Dahlan Iskan, peserta konvensi calon presiden dari Partai Demokrat, sempat terlihat keki ketika ditanya oleh salah satu anggota Fraksi Demokrat DPR RI mengenai apakah dia akan tetap menjadi kader partai tersebut. Hal ini karena dia dianggap sebagai peserta konvensi 'terpaksa' karena bukan berasal dari Partai Demokrat.

"Bulan Mei akan ada keputusan capres yang akan diusung Partai Demokrat, seandainya bapak tidak terpilih, apakah bapak akan tetap jadi kader Demokrat?" tanya anggota tersebut kepada Dahlan di JCC Senayan, Jakarta, Senin (21/11/2013) malam.

"Tidak bisa begitu. Saya memang formal bukan kader Partai Demokrat. Tapi sudah saya katakan bahwa saya sudah lama mendukung Pak SBY. Jadi jawaban ini lebih ideologi," jawab Dahlan yang sempat diam ketika mendapatkan pertanyaan tersebut.

Sikap berbeda ia tunjukkan saat diberi pertanyaan apakah dirinya akan tetap membantu pemerintahan Presiden SBY di masa krusial pada 6 bulan terakhir, walaupun ia tidak lolos konvensi, Menteri BUMN tersebut dengan tegas mengangkat tangan kanannya. Gerakan tersebut merupakan tanda jawaban 'Ya'.

Namun, Dahlan kemudian kembali terlihat ragu ketika menerima pertanyaan yang berisi siap atau tidakkah dia membantu kandidat capres yang terpilih, meskipun ia akhirnya tidak terpilih.

"Saya jawab, saya akan konsultasi dulu dengan Presiden SBY. Kalau beliau bilang bantu, ya saya bantu. Karena beliau sebagai pimpinan tertinggi di pemerintahan, juga di Partai Demokrat," kata Dahlan. (Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.