Sukses

[GALERI FOTO] Isi Kapal Selam Nazi di Laut Karimunjawa

Dari penyelaman ditemukan beberapa barang-barang seperti 2 buah piring dengan lambang Nazi berikut merk pabriknya, dan lain-lain.

Pencarian Tim Pusat Arkeologi Nasional di bawah laut Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, tidak sia-sia. Terdapat harta karun yang begitu berharga di kedalaman sekitar 18 meter dari permukaan. Kapal selam Nazi Jerman yang ditorpedo pasukan sekutu pada 1944.

Tim gabungan terdiri dari peneliti Pusat Arkeologi Nasional, Balai Arkeologi Yogyakarta, penyelam dari Sentral Selam Yogyakarta, serta beberapa penduduk lokal. Tim berangkat dengan menumpang kapal yang mengangkut sembako. Pada 8 November 2013 malam, tim kemudian bergerak menuju lokasi situs. Lokasi situs itu berjarak sekitar 10 jam dari pulau Karimunjawa.

"Kami baru sampai ke lokasi pada 9 November dinihari. Tapi kami belum menyelam. Kami masih harus melakukan pencarian berjam-jam sebelum berhasil menemukan titik keberadaan bangkai kapal," tutur salah satu anggota tim Shinatria Adityatama kepada Liputan6.com.

Menurut pria yang biasa disapa Adit ini, tim baru terjun ke laut tempat kapal itu sekitar pukul 05.00 WIB. Tak mudah memang, 6 jam kemudian Adit dan timnya baru menemukan kapal itu sekitar pukul 13.00 WIB.

"Kami mulai terjun ke situs sekitar jam 5 pagi dan baru berhasil ketemu kapal jam 1 siang," ucapnya.

Dari penyelaman ditemukan beberapa barang-barang seperti 2 buah piring dengan lambang Nazi berikut merk pabriknya, kancing berlogo angkatan laut, teropong binocular, kacamata selam, pipa untuk nafas, batre/aki, sol sepatu, penutup panel listrik, dan saklar instalasi listrik.

Berikut Galeri Foto Isi Bangkai Kapal Selam Nazi di Laut Karimunjawa. (Ism/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini