Sukses

Ahok: Jakarta Pasti Banjir

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memastikan ibukota akan terkepung banjir.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memastikan ibukota tetap akan terkepung banjir. Air akan menggenangi Jakarta pada puncak musim hujan yang diprediksi jatuh pada Desember hingga Januari nanti.

"Kalau tidak banjir Wallahu a’lam. Pasti banjir. Sudah jelas kok, (Kali) Pesanggrahan naik terendam, (Kali) Krukut naik mana terendam, kalau rob naik pasti Kapuk-Kamal naik airnya karena belum ditutup," ujar politisi Partai Gerindra yang akrab disapa Ahok itu di Balaikota DKI, Jakarta, Kamis (21/11/2013).

Untuk itu, sejak kemarin Ahok telah mengecek kesiapan jajarannya untuk mempersiapkan bantuan dan logistik  bagi para korban banjir di beberapa lokasi titik rawan banjir. Selain itu ia mengaku telah melakukan pemetaan mana saja wilayah yang akan terancam banjir.

Tidak hanya itu, Ahok juga meminta data penanggung jawab di tiap titik banjir dan tempat pengungisian bagi para korban banjir. Hal itu dilakukan untuk mengontrol dan mengecek kesiapan logistik di titik-titik tersebut.

"Kalau banjir di sini ngungsi di titik mana? Siapa yang tanggung jawab? Nomor HP-nya berapa? Tukang masak mana? Itu kita minta. Semua makanan, obat dan WC juga harus siap," kata dia.

Ahok juga mengatakan, pihaknya telah mengecek kesiapan logistik dan bantuan bagi warga saat pascabanjir. Untuk urusan tersebut, mantan Bupati Belitung Timur itu memberikan tanggung jawabnya kepada Dinas Sosial.

"Persiapan pascabanjir sudah 100 persen, nanti itu dengan Dinsos (dinas sosial). Dari kita dibangun posko-posko. Kalau mau makan datang ke posko. Dinsos yang masakin," terang Ahok.

Ahok juga mengimbau masyarakat yang ingin memberikan bantuan kepada para korban banjir untuk tidak memberikan bantuan langsung. Lebih baik mengirim bantuan tersebut ke posko-posko bantuan banjir di sekitar titik wilayah banjir.

Ahok khawatir, bila bantuan tersebut diberikan langsung kepada para korban bisa disalahgunakan. "Orang harus datang makan ke posko. Kalau dia mau bawa pulang dicek betul. Logikanya, kalau mereka lapar pasti ke luar rumah. Kalau dikirim terus, dibuat mereka stok makanan," tukas Ahok. (Mut/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.
    Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.

    Banjir

Video Terkini