Sukses

Jampidsus Andhi Nirwanto Ditunjuk SBY Jadi Wakil Jaksa Agung

Andhi Nirwanto dianggap memenuhi syarat serta dipandang cakap untuk diangkat dalam jabatan tadi.

Setelah 4 bulan kosong, kursi Wakil Jaksa Agung akhirnya terisi. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengeluarkan Keputusan Presiden dengan menunjuk Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Andhi Nirwanto sebagai pendamping Jaksa Agung Basrief Arief, menggantikan Darmono yang pensiun per 1 Juli 2013 lalu.

"Presiden SBY menandatangani dan mengeluarkan Surat Keputusan Presiden Nomor: 133/M Tahun 2013 terkait pengisian jabatan pejabat eselon I di lingkungan Kejaksaan Agung. Pejabat eselon I itu, Andhi Nirwanto, sebagai Wakil Jaksa Agung," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Setia Untung Arimuladi di kantornya, Jakarta, Rabu (20/11/2013).

Pengisian jabatan eselon I itu didasarkan pada hasil sidang Tim Penilai Akhir Pengangkatan, Pemindahan dan Pemberhentian dalam dan dari Jabatan Struktural Eselon I, pada 23 September 2013. Andhi Nirwanto dianggap memenuhi syarat serta dipandang cakap untuk diangkat dalam jabatan tadi.

"Sedangkan pengganti (Andhi Nirwanto) ditunjuk Widyo Pramono sebagai Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung, yang sebelumnya menduduki posisi sebagai Staf Ahli Jaksa Agung Tindak Pidana Umum," ujar Untung.

Selain penunjukan Andhi, Presiden juga menunjuk 2 Jaksa Agung Muda Pengawasan (Jamwas) dan Jaksa Agung Muda Pembinaan (Jambin) yang baru. Untuk Jambin diisi oleh Bambang Waluyo, yang sebelumnya menduduki posisi sebagai Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan.

"Sedangkan Mahfud Mannan diangkat sebagai Jaksa Agung Muda Pengawasan, yang sebelumnya menduduki jabatan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (Jampidum)," beber dia. Sedangkan, penganti Mahfud Manan, ditunjuk Basuni Masyarif sebagai Jampidum. Basuni sebelumnya sebagai Staf Ahli Jaksa Agung Tindak Pidana Khusus.

Untung menjelaskan, menurut rencana Jaksa Agung pada Kamis 21 November 2013 sekitar pukul 09.00 WIB, akan melantik dan mengambil sumpah jabatan Andhi Nirwanto sebagai Wakil Jaksa Agung. "Bertempat di Sasana Baharuddin Lopa, Gedung Kejagung," papar Untung. (Ism/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini