Sukses

SBY: Rakyat Kesal Penyadapan Australia Tapi Tak Boleh Emosional

Kekesalan dan kemarahan rakyat Indonesia atas penyadapan Australia diketahui Presiden SBY. Namun SBY meminta rakyat tidak emosional.

Kekesalan dan kemarahan rakyat Indonesia atas penyadapan Australia diketahui Presiden SBY. Namun SBY meminta rakyat tidak emosional.

"Saya tahu rakyat Indonesia kesal dan marah terhadap apa yang dilakukan oleh pihak-pihak Australia kepada Indonesia, kepada negara kita," ucap SBY.

Hal ini disampaikan SBY dalam jumpa pers khusus menyikapi penyadapan Australia di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (20/11/2013).

"Namun demikian dalam hubungan antarbangsa di dalam menghadapi situasi tertentu, tentu tidak boleh kita terlalu emosional, dan mesti tetap rasional," imbau SBY.

SBY menuturkan dirinya sudah menerima penjelasan dari Menlu Marty Natalegawa maupun Dubes RI untuk Australia Nadjib Riphat Kesoema untuk melengkapi apa yang telah diketahui. Termasuk perkembangan, dinamika, dan situasi di Australia.

"Karena apa yang kita tempuh dan lakukan menyusul terjadinya kegiatan penyadapan ini akan menentukan masa depan hubungan Indonesia-Australia, dan menentukan persahabatan di antara bangsa Indonesia dan bangsa Australia yang sesungguhnya terjalin dengan baik," ucap SBY. (Sss/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini