by

Bangkai Kapal Selam Nazi Ditemukan di Laut Karimunjawa

  • Peristiwa
  • 0
  • 20 Nov 2013 12:41
Arkeolog Indonesia menemukan bangkai kapal selam di perairan Kepulauan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah. Setelah diteliti, kapal selam itu peninggalan milik Nazi Jerman.

Penemuan kapal selam Jerman itu bermula dari keterangan nelayan lokal Karimunjawa yang biasa mencari ikan. Seringkali nelayan terganggu dengan adanya benda misterius berupa kapsul besar. Tim Arkeologi Indonesia kemudian melakukan penyelaman dan lalu menemukan  rongsokan yang cirinya kapal selam.

"Penyelaman oleh tim Arkeologi Nasional di lapangan dilakukan pada 4-17 November kemarin. Hasilnya adalah memang itu runtuhan kapal selam. Identitasnya kita peroleh dari benda yang kita angkat," ujar Ketua Tim Peneliti Bambang Budi Utomo dalam perbincangan dengan Liputan6.com, Rabu (20/11/2013).

Benda-benda yang berhasil diangkat antara lain piring dengan logo Nazi, aki baterai dalam bahasa Jerman, teropong, kacamata selam, pipa udara, penutup mulut, dan sepatu boot yang cukup besar untuk ukuran orang Indonesia, kancing baju dengan logo jangkar dan benda lainnya.

"Itu menjadi salah satu jadi bukti, kapal itu milik Nazi Jerman," terang Budi. Benda-benda yang diangkat itu dibawa ke Kantor Pusat Arkeologi Nasional di Pejaten, Jakarta Selatan. (Mvi/Ism)

(mvi)

Related Articles
Comments
Sign in to post a comment