Sukses

[VIDEO] Gelombang Tinggi Terjang Pantai, Sejumlah Kapal Terdampar

Gelombang tinggi di Pantai Tanjung Bonang, Rembang, Jawa Tengah dan Pantai Merak, Banten membuat sejumlah kapal terdampar.

Gelombang tinggi dan kencangnya angin membuat sebuah kapal tongkang berbobot ribuan ton terdampar terdampar di Pantai Tanjung Bonang, Desa Binangun, Kecamatan Lasem, Rembang, Jawa Tengah.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (20/11/2013), kapal tongkang milik PT Kumala Putra Nusantara ini bernama Lambung Sumber Jaya 30-16 Batam.

Tingginya gelombang laut dan kuatnya hempasan angin menjadi penyebab terdamparnya kapal pengangkut batubara untuk Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sluke ini. Nelayan tetap khawatir perahu mereka tertabrak kapal tongkang, meski kapal sudah dikaitkan pada jangkar.

Sementara di Merak, Banten, 4 kapal terdampar di Pantai Merak. Selain kapal tangker BBM milik Pertamina, 3 kapal lain juga turut terdampar akibat dihempas gelombang dan angin kencang.

Pihak administrator Pelabuhan Merak, memastikan belum bisa mengevakuasi kapal karena kondisi cuaca yang masih memburuk. Selain gelombang tinggi, hempasan angin lebih dari 20 knot juga menyulitkan proses evakuasi oleh kapal tugboat atau kapal yang digunakan untuk melakukan manuver, utamanya menarik atau mendorong kapal. (Rmn/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini