Sukses

MK Putuskan Arief-Sachrudin Pemenang Pilkada Kota Tangerang

MK juga menyatakan pasangan calon nomor urut 4 Ahmad Marju Kodri-Gatot Suprijanto didiskualifikasi.

Mahkamah Konstitusi (MK) membacakan putusan sengketa Pilkada Kota Tangerang 2013. Dalam putusan tersebut, MK memrintahkan KPUD Kota Tangerang untuk menetapkan pasangan Arief R Wismansyah dan Sachrudin sebagai pasangan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang terpilih.

"Memerintahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten untuk menetapkan pasangan calon Arief R Wirmansyah dan Sachrudin sebagai pasangan terpilih Walikota dan Wakil Walikota Tangerang," kata Ketua Majelis Hakim Hamdan Zoelva saat membacakan putusan di gedung MK, Jakarta, Selasa (19/11/2013).

Dalam putusan itu, MK menyebut perolehan suara pasangan nomor urut 1 Harry Mulya Zein-Iskandar memperoleh 45.627 suara, pasangan nomor urut 2 Abdul Syukur-Hilmi Fuad mendapat 187.003 suara.

Sementara, pasangan nomor urut 3 Tubagus Suwandi Gumelar-Suratno Abubakar mendapat 121.375 suara. Selanjutnya, pasangan nomor urut 5 Arief R Wismansyah-Sachrudin dengan 340.810 suara. Dengan begitu, maka Arief-Sachrudin memeroleh suara terbanyak dan berhak memimpin Kota Tangerang untuk periode 2013-2018.

MK berkesimpulan, bahwa tidak perlu dilakukan pemungutan suara ulang (PSU) dalam Pemilukada Tangerang 2013 ini. "Memerintahkan KPU Banten untuk menetapkan hasil penghitungan perolehan suara masing-masing pasangan calon sesuai dengan putusan di atas," ujar Hamdan.

Tah hanya itu, dalam putusannya, MK juga menyatakan pasangan calon nomor urut 4 Ahmad Marju Kodri-Gatot Suprijanto didiskualifikasi sebagai peserta Pilkada kota Tangerang 2013.

"Menurut Mahkamah, pasangan Ahmad Marju Kodri-Gatot Suprijanto telah dinyatakan gugur, maka hasil pemeriksaan pasangan a quo tidak perlu dinilai. Karena itu Mahkamah berkesimpulan, pasangan Ahmad Marju Kodri-Gatot Suprijanto tidak memenuhi syarat sebagai pasangan calon," ujar Hamdan. (Eks/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini