Sukses

[VIDEO] Tuntut Bebaskan Dokter Ayu, Demo pun Digelar

Dokter di Manado dan Bogor berunjuk rasa, terkait dugaan malpraktik. Menteri Kesehatan juga diminta meminta maaf melalui media.

Tak hanya buruh yang berunjuk rasa, tapi juga dokter di Manado, Sulawesi Utara. Ratusan dokter berunjuk rasa menolak penahanan rekan sejawat mereka, Dewa Ayu Prawani oleh kejaksaan Sulawesi Utara. Selain itu di Bogor, Jawa Barat, puluhan dokter memprotes pernyataan Menteri Kesehatan yang menghina profesi dokter.

Dalam tayangan Liputan 6 Malam SCTV, Senin (18/11/2013), ratusan dokter dari kabupaten atau kota di Sulawesi Utara berunjuk rasa ke anggota dewan, gubernur, dan Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara. Mereka meminta rekan sejawat mereka, Dokter Dewa Ayu Sasiary Prawani yang ditahan di Rumah Tahanan Negara Manado, Sulawesi Utara, segera dibebaskan.

Sedangkan di Bogor, puluhan dokter yang sedang mengikuti seminar membahas soal Badan Pengelola Jaminan Kesehatan atau BPJ pada Senin siang tiba tiba berunjuk rasa. Mereka mengecam Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi yang dinilai melecehkan profesi dokter. Bahkan, para dokter tersebut menuntut menteri kesehatan meminta maaf melalui media cetak dan elektronik.

Dokter Dewa Ayu bersama 2 rekannya sesama dokter, Hendry Simanjuntak dan Hendy Siagian diduga melakukan malpraktik. Ketiga dokter spesialis kandungan tersebut terpidana dalam kasus dugaan malpraktik terhadap korban Julia Fransiska Makatey pada tahun 2010.

Ketiga dokter itu melakukan tindakan sectio caesaria sito, karena riwayat gawat janin pada pasien Julia yang dirujuk dari puskesmas. Beberapa hari setelah operasi, Julia meninggal karena ada angin masuk ke jantung atau emboli udara. (Fiq/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini