Sukses

Penyadapan Australia, Lembaga Sandi Negara Juga Bertanggung Jawab

Isu dugaan penyadapan yang dilakukan Australia mengusik perhatian Partai Nasdem. Lembaga Sandi Negara dinilai bertanggungjawab.

Isu dugaan penyadapan yang dilakukan Australia mengusik perhatian Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Diungkapkan salah satu petinggi partai tersebut, Lembaga Sandi Negara (LSN) dinilai sebagai salah satu lembaga yang bertanggung jawab terkait kasus penyadapan tersebut.

Sebab LSN memiliki peran strategis dalam hal perlindungan sistem keamanan nasional. Yang seharusnya bisa mencegah terjadinya penyadapan.

"LSN memiliki peralatan yang cukup signifikan untuk melakukan enkripsi, serta program anti penyadapan berbagai komunikasi yang dilakukan oleh pejabat negara. Baik di dalam dan di luar negeri," ungkap Enggartiasto Lukito, Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri DPP Nasdem dalam keterangan tertulisnya yang diterima Liputan6.com, Senin (18/11/2013).

Teknologi yang dimiliki LSN, sambung Enggar, sebenarnya sangat mampu menjamin keamanan negara.

"Pertanyaannya, mengapa kasus penyadapan ini bisa terjadi? LSN sebaiknya fokus melakukan pekerjaan yang menjadi tanggungjawab LSN, bukan mengerjakan yang di luar tugas utama LSN seperti pendataan pemilu," jelas Enggar.

LSN, lanjut Enggar, harus dapat mempertanggungjawabkan mengapa penyadapan itu bisa terjadi.

"Mengingat pertaruhannya ialah kedaulatan dan harga diri bangsa dan negara," pungkas Enggar. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini