Sukses

Menlu Marty: Penyadapan Australia Seperti Pac-man

Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Natalegawa menilai dugaan penyadapan Australia terhadap Presiden SBY seperti sebuah permainan.

Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Natalegawa menilai tindakan dugaan penyadapan yang dilakukan pemerintah Australia terhadap Presiden SBY seperti game Pac-man. Tokoh game berwarna kuning bernama Pac-Man itu mengelilingi lorong berlika-liku sambil memakan titik-titik yang dilaluinya.

"Apa pengaruhnya pembicaraan pribadi petinggi negara lain terhadap keamanan Australia. Sampai Ibu Negara saja disadap. Jadi ini seolah seperti Pac-man, semua diserap, dimakan," ujar Menlu Marty dalam konferensi persnya di Ruang Nusantara Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Senin (18/11/2013).

Marty juga tidak habis pikir, bagaimana hingga Indonesia ikut dilibatkan dalam penyadapan intelijen pemerintah Australia. Hingga pembicaraan pribadi pun ikut disadap. Padahal jika sesuai prosedur, umumnya penyadapan intelijen hanya fokus pada isu-isu tertentu. Hal itulah yang dianggap Marty sebagai tindakan tidak terkontrol dan membabi buta atau run amuck.

"Ini kan seperti sikap yang tidak terkontrol seperti run amuck," sindir Marty.

Maka, Marty pun berharap pemerintah Australia segera memberi pernyataan tegas akan kebenaran penyadapan tersebut. Juga mengenai ada tidaknya undang-undang internasional yang dilanggar. Marty menyerahkan kepada Australia sebagai pihak yang pertama kali memunculkan kabar penyadapan tersebut. Karena dalam kasus ini, Indonesia merupakan 'korban'.

"Silahkan Australia menanyakan pada diri mereka sendiri soal penyadapan itu," pungkas Marty. (Tnt/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.