Sukses

[VIDEO] Langkah Panik Warga Lereng Merapi Disembur Abu Vulkanik

Geliat Gunung Merapi pagi ini memicu rasa khawatir warga di kawasan lereng gunung, yakni Klaten dan Sragen, Jawa Tengah.

Geliat Gunung Merapi pagi ini memicu rasa khawatir warga di kawasan lereng gunung, yakni Klaten dan Sragen, Jawa Tengah. Semburan debu vulkanik memaksa mereka mengungsi. Sementara hujan abu juga turut menyentuh wilayah Sukoharjo, Solo, Jawa Tengah.

Saat terdengar gemuruh diiringi semburan abu dari puncak Merapi, sebagian warga Desa Sidorejo-Kemalang, Klaten bergegas meninggalkan rumah. Mereka turun menjauh dari lereng merapi menuju lokasi yang dianggap lebih aman.

Embusan angin membawa debu vulkanik ke arah utara menuju wilayah Boyolali, seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (18/11/2013). Peningkatan aktivitas Merapi juga menyebabkan sebagian pelajar SDN 2 Sidorejo, Kemalang, enggan besekolah. Dari ratusan siswa, tak lebih dari 50 siswa saja yang bersekolah pada Senin pagi ini.

Dampak aktivitas Gunung Merapi juga memaksa warga sejumlah dusun di Glagaharjo, Cangkringan memadati balai desa. Sejumlah dusun, seperti Kalitengah Lor, Kalitengah Kidul, Srunen, dan Singlar merupakan pemukiman yang berada relatif dekat dengan Merapi. Hampir seluruh warga langsung meninggalkan rumah tanpa sempat membawa perbekalan maupun pakaian

Sementara hujan debu akibat semburan debu vulkanik juga menyiram udara Sukoharjo dan Solo. Debu yang mengguyur seolah menyelimuti kota. Pengendara sepeda motor harus mengenakan masker untuk menghindari debu. (Ndy/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini