Sukses

Jokowi Ubah Rawa Lindung Pesanggrahan Jadi Waduk Mini

Gubernur Joko Widodo berencana mengubah Rawa Lindung di Pesanggrahan, Jaksel, menjadi waduk mini. Pengerukan dimulai Selasa besok.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengunjungi Rawa Lindung yang merupakan salah satu lokasi resapan air di kawasan Petukangan, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Jokowi berencana mengubah rawa tersebut menjadi waduk mini.

Pantauan Liputan6.com, Jokowi yang tiba di rawa seluas 1,1 hektare itu pada pukul 11.15 WIB langsung menuju tengah-tengah area rawa yang tampak tidak terawat itu. Airnya terlihat dangkal dan dipenuhi sampah.

"Ini Rawa Lindung di Petukangan mau dijadikan waduk kecil, embung kecil, ini mau dimulai. Ini paling 2 minggu atau sebulan rampung pengerjaannya," ujar Jokowi, Senin, (18/11/2013).

Agar mampu menampung air lebih banyak, lanjut dia, pihaknya melalui Dinas Pekerjaan Umum segera mengeruk dan memperlebar rawa yang sebelumnya biasa digunakan sebagai sebagai lokasi pemancingan. "Kalau sekarang ini paling dalamnya hanya 1 meter, nanti setelah dikeruk kedalamannya bisa 3 sampai 4 meter," jelas Jokowi.

Pengerukan semestinya dilakukan hari ini. Namun karena operator eskavator yang bertugas belum bisa memulai pengerukan. Pengerjaannya akan dilakukan besok. "Mestinya hari ini sudah dimulai, tapi karena sopir (operator) beko (eskavator) belum datang, ditunda besok," ucap Jokowi.

Jokowi mengatakan, walau luas waduk hanya 1,1 hektare, dirinya tetap menganggap fungsi rawa tersebut cukup penting bagi warga Pesanggrahan. Apalagi selama ini Pesanggrahan menjadi salah satu daerah langganan banjir setiap musim hujan.

"Ini memang hanya 1,1 hektare, kecil. Tapi penting sekali karena kanan kiri ini (Rawa Lindung) nggak dikeruk, bisa banjir. Seperti yang sebelumnya bisa 1,5 meter. Jadi ini penting untuk warga Petukangan," kata Jokowi.

Warga yang tinggal di pinggir Kali Pesanggrahan memang rawan terkena banjir. Pekan lalu, banjir yang terjadi sejak Kamis 14 November masih merendam sebagian wilayah Ulujami, Pesanggrahan hingga akhir pekan kemarin. Kawasan Ulujami adalah salah satu titik rawan banjir karena dilintasi Kali Pesanggrahan yang berhulu di Kali Citarum, Bogor, Jawa Barat.  (Ado/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.