Sukses

[VIDEO] Lahar Dingin Sinabung Paksa Ratusan Warga Mengungsi

Banjir lahar dingin Gunung Sinabung memaksa ratusan warga desa sekitar gunung kembali mengungsi.

Banjir lahar dingin Gunung Sinabung memaksa ratusan warga desa sekitar gunung kembali mengungsi. Warga khawatir akan dampak banjir lahar dingin yang semakin parah dibandingkan pekan lalu.

Dalam tayangan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (116/11/2013), warga Desa Gamber di kaki Gunung Sinabung kembali mengungsi karena khawatir bahaya banjir lahar dingin yang mulai menghantam jalur desa. Mereka mengungsi ke kota Kabanjahe yang jaraknya 20 km dari desa mereka.

Di tempat tersebut, warga ditampung di aula dan halaman GBKP Kabanjahe. Meski sudah ada dapur umum, belum tersedia bantuan obat-obatan dan selimut.

Sabtu pagi, jumlah pengungsi di posko bencana Sinabung mencapai 5.640 pengungsi. Jumlah ini bertambah dari Kamis kemarin yang hanya 5.353 orang. Jumlah titik pengungsian pun bertambah dari 11 menjadi 15 titik. Saat ini Gunung Sinabung masih menunjukkan getaran tremor dan vulkanik yang cukup tinggi. Sementara awan mendung menutupi puncak gunung.

Pada Jumat 15 November sore, curah hujan yang tinggi mengakibatkan banjir lahar dingin menghantam jalan Desa Gamber, Kecamatan Simpang 4, Tanah Karo yang berjarak 3 hingga 4 km dari Gunung Sinabung. Akibatnya jalan setapak yang biasa digunakan warga Desa Gamber dan Desa Bekerah rusak. Sejumlah warga yang melintas sempat menyaksikan lahar dingin datang tiba tiba dengan suara gemuruh diikuti lontaran bebatuan. Banjir lahar dingin berlangsung selama hampir satu jam. (Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini