Sukses

[VIDEO] Perjuangan Keluarga Miskin Nan Buta di Kampung SBY

Sungguh tragis nasib yang dialami 1 keluarga di kampung SBY ini. Selain hidup di bawah garis kemiskinan, mereka semua mengalami kebutaan.

Sungguh tragis nasib yang dialami 1 keluarga di Pacitan, Jawa Timur, ini. Selain hidup di bawah garis kemiskinan, mereka semua mengalami kebutaan.

Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (16/11/2013), menayangkan, untuk mempertahankan hidup, warga yang masih satu kampung dengan Presiden SBY itu setiap hari harus ke hutan mencari kayu dan membuat batu bata.

Hampir setiap hari, Soinem dan Tukiyah, warga Dusun Bendo, Desa Bodag, Kecamatan Ngadirojo, Babupaten Pacitan, harus ke hutan untuk mencari kayu bakar. Dengan mengandalkan kepekaan mata batinnya, 2 bersaudara ini mampu mengumpulkan kayu bakar yang nantinya digunakan memasak.

Selain Soinem dan Tukiyah, masih ada 3 lagi saudaranya yang mengalami hal serupa. Yaitu Tukiyem, Tukinah, dan Sajiman. Meski mengalamai keterbatasan dalam penglihatannya, namun 5 orang dalam 1 keluarga ini tidak pernah putus asa dalam menjalani kehidupan.

Mereka saling bantu untuk bisa mencari makan setiap harinya. Selain mencari kayu bakar, Tukiyem, saudara tuanya sibuk mencuci ketela yang mereka dapat dari tetangga. Sementara Sajiman, sibuk di ladang untuk membuat batu bata.

Meski kondisinya memprihatinkan, namun ke 5 orang yang tak lain kakak beradik itu tak pernah mengeluh bahkan putus asa. Padahal, tak jarang mereka harus menahan lapar ketika persedian ketela habis.

Saat ini ke 5 orang kakak beradik itu hanya bisa pasrah menjalani kehidupannya tanpa bisa melihat terangnya dunia. Tapi dari semangat mereka dapat diambil pelajaran, mereka tak putus harapan menghadapi kerasnya kehidupan. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini