Sukses

[VIDEO] Kali Krukut Meluap, Warga Petogogan Kebanjiran

Selain hujan yang mengguyur, meluapnya Kali Krukut juga punya andil membuat kawasan Petogogan terandam.

Banjir kembali merendam sejumlah wilayah di Jakarta, salah satunya, di Petogogan, Jakarta Selatan. Ratusan rumah terendam akibat Kali Krukut meluap.

Warga di 12 rt di Kelurahan Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan mulai cemas. Sebagian besar rumah warga di permukiman ini sudah terendam sejak Jumat petang. Bahkan di beberapa titik, ketinggian air sudah mencapai 1 meter.

Selain akibat guyuran hujan, genangan air juga disebabkan banjir kiriman dari Bogor sehingga Kali Krukut yang melewati kawasan ini meluap. Ketinggian air bahkan bisa bertambah jika hujan di Bogor masih berlangsung.

Dalam tayangan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (16/11/2013) sebagian warga mulai memindahkan perabot rumahnya ke lokasi yang lebih tinggi. Bahkan, sepeda motor milik warga sengaja di parkir di halaman masjid yang berada di lokasi yang lebih tinggi sehingga terhindar dari genangan air.

Kelurahan Petogogan memang termasuk kawasan yang kerap dilanda banjir terutama saat musim hujan. Selain lokasinya rendah, banjir kiriman dari Bogor sering mampir ke kawasan ini melalui Kali Krukut.

Selain itu, kawasan yang menjadi langgaran banjir kiriman dari Bogor, yakni kawasan Ulujami, Jakarta Selatan. Kawasan ini terendam karena meluapnya Kali Pesanggarahan. Akibat luapan itu sebagian besar Perumahan Ulujami Indah sudah terendam air dengan ketinggian mencapai 50 cm.

Sedangkan di Pasar Grosir pakaian Cipulir, banjir merendam puluhan kios yang berada di lantai dasar bangunan berlantai 4. Ketinggian air berkisar 30 cm hingga 50 cm sehingga para pedagang menutup toko.

Banjir akibat Kali Pesanggrahan dan Kali Krukut meluap kerap terjadi di sejumlah kawsasan di Jakarta Selatan. Rata-rata banjir terjadi ketika kawasan hulu, yakni kawasan puncak, Bogor diguyur hujan lebat. (Don/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini