Sukses

Jokowi Izinkan Pendaki Berkaki 1 Sabar Gorky Panjat Monas

Pendakian akan dilakukan pada 8 Desember 2013. Memperingati Hari Tunadaksa, Hari HAM, dan Hari Antikorupsi.

Tim Ekspedisi Rakyat Merdeka menemui Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, pagi ini. Pertemuan tersebut untuk memastikan permohonan izin yang mereka ajukan dalam rangka pendakian atlet tunadaksa berkaki satu, Sabar Gorky.

Sabar Gorky yang juga berasal dari Solo itu rencananya akan mendaki simbol kota Jakarta, Monumen Nasional (Monas) setinggi 135 meter. "Rencananya pendakian akan dilaksanakan pada 8 Desember 2013 nanti. Jadi kita minta izin Pak Jokowi," ujar Sabar di Balaikota, Jakarta, Jumat (15/11/2013).

Tim terdiri dari Teguh Santosa selaku promotor, Dar Edi Yoga selaku manajer, juga Ferril Nawali. dan Widya Victoria. Pertemuan berlangsung sekitar 40 menit di ruang kerja Jokowi. Orang nomor 1 di DKI itu pun mengaku telah memberikan izin pendakian.

"Pak Sabar Gorky mau mendaki Monas. Ini kan ikon Jakarta, bahkan juga ikon nasional, kalau ada yang mau manjat, kenapa tidak? Tentu diizinkan," ujar Jokowi didampingi Sabar.

Pendakian Tugu Monas tersebut, menurut Teguh Santosa, merupakan pemanasan menuju pendakian Sabar Gorky ke Gunung Cartenz dan Aconcagua. Cartenz adalah puncak tertinggi di Indonesia yang berada di Papua dengan ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut (mdpl). Sementara Aconcagua merupakan pegunungan tertinggi di benua Amerika dengan ketinggian (6.692 mdpl).

"Pendakian ini didedikasikan untuk memperingati Hari Tunadaksa (3 Desember), Hari Antikorupsi (9 Desember) dan Hari HAM (10 Desember)," jelas Teguh. (Ein/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini