Sukses

Bantu Korban Topan Haiyan, Muhammadiyah Kirim 2 Tim Medis

"Tim medis pertama berangkat 18 November-2 Desember 2013. Tim kedua 30 November-14 Desember 2013," kata Din.

Bencana Topan Haiyan yang memorakporandakan Filipina pada 8 November lalu membawa keprihatinan dan duka bagi masyarakat dunia. Indonesia telah mengirimkan bantuan logistik dengan menggunakan 3 pesawat Hercules yang diberangkatkan dari Bandara Sam Ratulangi, Manado. Muhammadiyah selaku ormas Islam terbesar di Tanah Air juga mengirimkan tim medis untuk membantu korban.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin mengatakan, bantuan medis untuk korban Topan Haiyan Filipian merupakan wujud solidaritas Muhammadiyah. Dan tim yang diterbangkan merupakan tim medis yang sudah terlatih menanggulangi bencana.

"Kita sudah berkoordinasi dengan Majelis Pembina Kesehatan Umum dan Direksi RS Muhammadiyah. Dan kita akan memberangkatkan tim medis ke Filipina. Tim medis ini juga sudah mempunyai pengalaman dalam penanganan Medical Emergency," kata Din saat peluncuran TV Muhammadiyah (TV MU) di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (14/11/2013).

Din menjelaskan, tim medis Muhammadiyah akan dibagi 2 tahap keberangkatan.

"Tim pertama direncanakan akan berangkat pada 18 November hingga 2 Desember 2013 mendatang. Sedangkan, tim kedua akan berangkat pada 30 November hingga 14 Desember 2013," jelas Din.

Din juga menjelaskan tim medis akan membawa dokter, perawat serta perlengkapan untuk rumah sakit di lapangan dan juga obat-obatan. (Adi/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.