Sukses

Dinilai Sesat, Ritual Asyura di Kelapa Gading Akan Dibubarkan

Mereka akan membubarkan kaum Syiah di Jakarta yang melakukan ritual Asyura.

Beberapa organisasi Islam dari Aliansi Sunnah untuk kehormatan Keluarga dan Sahabat Nabi akan berkumpul di Balai Samudra, Jalan Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Mereka berniat membubarkan acara kaum Syiah yang melakukan ritual Asyura.

Mereka menganggap ritual itu sesat. "Sekitar pukul 11.00 WIB kami akan berkumpul untuk melakukan orasi di depan gedung Balai Samudra, tempat ritual Asyura dilakukan," kata Amrullah selaku Wakil Koordinator Lapangan Pembubaran Ritual Asyura saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Kamis (14/11/2013).

Namun, menurutnya, pihaknya tidak akan melakukan pembubaran paksa melainkan dengan pendekatan. Salah satu orator dalam pembubaran yang akan melakukan pendekatan adalah Abu Jibril.

"Kita akan lakukan pendekatan bukan pembubaran secara paksa," tambah Amrullah.

Amrullah menerangkan, ritual Asyura di Indonesia sendiri kemungkinan tidak seperti ritual Asyura di Iran yang sampai melukai tubuh mereka sendiri.

"Di sini belum sampai aksi berdarah, mereka masih takut," pungkas Amrullah. (Tnt/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini