Sukses

Resmikan Kios PKL Pasar Minggu, Jokowi Borong Jeruk

Para PKL tersebut akan ditempatkan d beberapa bangunan di Pasar Minggu.

Jokowi meresmikan pasar Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di pinggir Jalan Raya Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Para PKL tersebut akan ditempatkan di beberapa bangunan di Pasar Minggu.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada pagi ini saya resmikan gedung blok B dan C Pasar Minggu," kata Gubernur DKI Jakarta bernama lengkap Joko Widodo ini di depan panggung yang berada tepat di depan pasar, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (13/11/2013).

Ada yang tak biasa dalam peresmian pasar pagi ini. Jokowi tidak memberikan sambutan singkat melainkan lebih memilih memberikan kuis berhadiah sepeda kepada para PKL.

Dengan dibantu komedian Cak Lontong sebagai pembawa acara, Jokowi memberikan 4 pertanyaan umum. Yakni soal 5 makanan khas Jakarta, 10 macam buah-buahan, 3 lokasi wisata di Jakarta, serta 3 hal yang membuat pasar selalu bersih dan kesenian asli Betawi.

"Yang bisa jawab pertanyaan, saya berikan sepeda. Nanti ambilnya di Balaikota besok di atas jam 12 siang yah, ke Balaikota," ujar Jokowi.

Setelah memberikan sepeda, Jokowi kemudian keliling meninjau pasar PKL. Tidak hanya bercengkrama dengan para pedagang, Jokowi juga membeli sayur dan buah-buahan di beberapa kios.

Di Kios milik Sutikno, yang menjual buah-buahan Jokowi membeli sebanyak 4 kilogram Jeruk. Jokowi pun memberikan selembar uang Rp 100 ribu kepada pria asal Wonogiri itu. "Saya padahal kasih jeruk yang murah harganya, doakan semoga dagangan saya cepat laku Pak," ucap Sutikno.

Di kios lainnya, Jokowi juga membeli 1 kilogram jahe dan kacang tanah yang dibungkus dalam sebuah kantong kresek. "Ini bagus Pak, jahe. Biar Bapak sehat terus," kata salah seorang pedagang.

Sementara itu, Dirut PD Pasar Jaya Djangga Lubis mengatakan total jumlah PKL yang direlokasi ke dalam pasar sebanyak 843 pedagang. "Mereka tersebar di beberapa blok yang ada di Pasar Minggu ini," ungkap Djangga. (Ism/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini