Sukses

[VIDEO] Amukan Topan Haiyan di Filipina dan China

Korban tewas di Filipina diperkirakan mencapai 10 ribu orang akibat badai.

Topan Haiyan masih menjadi ancaman beberapa wilayah Asia. Kali ini badai bergerak ke China. Sebelumnya Topan Haiyan mengamuk di Filipina menyebabkan setidaknya 10 ribu orang tewas.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (11/11/2013), angin kencang Topan Haiyan dilaporkan sudah menyapu wilayah Kota Sansha, China. Topan Haiyan diperkirakan akan mengancam 3 provinsi di China Selatan, Provinsi Hainan, Guangdong dan Guangxi.

Ancaman topan ini sangat dirasakan oleh para awak kapal yang berada di Perairan China. Sebuah kapal dengan 12 awak kapal harus dievakuasi karena ketinggian ombak dan kencangnya angin membuat kapal ini kehilangan kendali.

Di Filipina, topan 'monster' ini menghantam 36 provinsi hingga sekitar 74 ribu keluarga harus dievakuasi untuk menghindari jatuhnya korban jiwa lagi. Pemerintah setempat telah berusaha mengerahkan tim tanggap darurat bencana. Namun akibat sambungan komunikasi terputus dan jumlah pekerja terbatas, bantuan pun terhambat.

Topan Haiyan merupakan bencana terburuk tahun ini. Korban tewas di Filipina diperkirakan mencapai 10 ribu orang akibat badai. (Riz/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini