Sukses

Megawati Ceritakan Penyatuan Jokowi-Ahok, Mau Tahu?

Ketum PDIP Megawati mengaku sebagai sosok yang menyatukan pasangan politik fenomenal, Jokowi dan Ahok.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengaku sebagai sosok yang menyatukan pasangan Gubernur DKI Joko Widodo atau Jokowi dan Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahja Purnama atau Ahok. Menurut Mega, penyatuan keduanya sangat sederhana dan simpel.

"Tadi sebut-sebut Jokowi-Ahok, mau tahu ceritanya. Ketika saya sandingkan mereka, ceritanya gampang saja. Mau tahu?" tanya Mega dalam perayaan HUT Sabam Sirait ke 77 dan peluncuran buku Politik itu Suci, di Gedung Lemhanas, Jakarta, Minggu (10/11/2013).

Ide memasangkan Jokowi-Ahok pertama kali terbesit di benak putri Proklamator RI itu saat berada di Bali. Tiba-tiba saja, lanjut Mega, ia memilih Jokowi untuk dipindahtugaskan dari Solo ke Jakarta.

"Saya telepon dari Bali, `Dik Jokowi di mana?`" tanyanya.

Jokowi, saat itu menjabat sebagai Walikota Solo. Pria bertubuh kurus itu mengatakan sedang bertugas di Solo. Sejurus kemudian, Mega kembali bertanya, "Tugasmu di sana berat ya. Mau nggak saya lempar ke Jakarta?"

Saat menghaturkan pertanyaan tersebut, lanjut Mega, tak ada keheningan untuk berpikir atau menimbang-nimbang tawaran tersebut. "Nggak ada diem dia. Dia langsung jawab,' Siap Bu'. Yowes atur, bilang Sekjen (Tjahjo Kumolo) supaya bisa ditugasi ke Jakarta," tutur putri Bung Karno itu.

Selanjutnya, Mega pun memeras otak siapa yang cocok untuk menjadi pasangan Jokowi. Akhirnya, setelah bergumul, pilihan jatuh pada Ahok. Pilihan itu pun sempat dipertanyakan oleh Tjahjo Kumolo. Namun, Mega pun menjawabnya dengan santai.

"Orang Solo kan halus, marahnya dipendam. Mesti dicari yang rada preman nih," ungkap Presiden RI ke 5 itu.

Usai keduanya dipasangkan, masalah elektabilitas menghantui. Elektabilitas pasangan Jokowi-Ahok tidak mendulang suara yang banyak. Tapi, Mega mengaku punya kepercayaan bahwa pilihannya pasti menang. Terbukti, Jokowi-Ahok pun menang dalam Pilkada DKI.

"Banyak yang bertanya kenapa harus pilih yang kurus itu. Kerja, kerja, kerja. Naik, naik, naik. Sukarelawan pun pada datang. Inilah jadinya, keren toh," tandas Mega. (Riz/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati

Video Terkini